Export from GOOGLE SCHOLAR to RESEARCHGATE

Read Google Scholar to ResearchGate Google Scholar to ResearchGate Diartikel yang berjudul: "Membuat profil di Google Scholar," saya membahas bagaimana membuat profil di Google scholar. Saya telah meng-address pada artikel tersebut bagaimana mengindex makalah kita yang terbit pada media ilmiah tertentu di Google scholar, padahal platform yang dipakai media tersebut tidak support bahkan tidak ada fasilitas peng-online-nan :D.

Sedangkan kita ingin agar makalah kita dibaca atau disitasi peneliti lain. Salah satu solusinya adalah mengunggah pada platform yang support itu. Selain ACADEMIA.EDU, ada platform yang recommended. Ialah RESEARCHGATE.

Diartikel yang berjudul: "Membuat akun Researchgate," saya menyampaikan tutorial sederhana bagaimana membuat RESEARCHGATE. Platform tersebut ibarat facebooknya para researcher atau ilmuan, yang mana ketika dokumen ilmiah kita diunggah kesana, peneliti lain dapat ngelike, follow paper, mereviu, tanya-jawab, memberikan kritik dan saran (persis seperti kita yang mengunggah foto terbaik kita di facebook, barangkali ada yang kasih jempol atau ninggal jejak komentar).

Perlu dicatat bahwa paper kita yang diunggah di researchgate, akan terindex di Google Scholar pada 4 bulan berikutnya (kira-kira). Kita dapat menjumpai seperti gambar dibawah ini:


Nah, artikel ini adalah tutorial yang sebaliknya. Tentang bagaimana agar makalah ilmiah kita pada Google scholar dapat diindex di Researchgate, sehingga tanpa susah-susah input data. Kita dapat melakukan "import" dari Google scholar to researchgate dengan cara paling sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

Nb: Gambar-gambar pada tutorial disajikan dalam bahasa, apabila dalam English atau bahasa lainnya silahkan disesuaikan dan screen shot diambil pada tanggal 22 Juli 2016.

1.    Buka Google Scholar dan ketikkan nama kita di box search (misalnya seperti Gambar dibawah ini) untuk menuju list publikasi kita. Disini akan ditemukan list makalah yang sangat banyak, bisa jadi yang bukan nama kita turut serta terindex, misalnya saja Ahmad Fuada, Antonius Fuada atau Michael Fuada, hehe

2.    Klik “kutipan saya” untuk menuju ke hanya daftar makalah kita

3.    Disini kita akan diarahkan ke akun Google Scholar kita, dalam kasus ini kita telah mempunyai akun (tutorial membuat akun bisa dibaca disini)


4.    Selanjutnya, pilih judul makalah ilmiah yang ingin kita ekspor. Kita akan menuju detail informasi yang mencakup Pengarang, Tanggal terbit, Nama jurnal, volume, issue, deskripsi atau abstrak.

5.    Klik Ekspor, maka akan ditampilkan box tipe file. Dalam hal ini pilih ekstensi .bib

6.    Simpan file “BIBTEX” difolder yang disukai

7.    Selanjutnya, buka akun researhgate kita, dalam kasus ini kita telah mempunyai akun (tutorial membuat akun bisa dibaca disini)

8.    Klik symbol unggah seperti yang dilingkari dengan garis merah (pojok kanan atas) 

9.    Akan ditampilkan seperti Gambar dibawah ini, pilihan menu pada saat itu adalah Author match, search, reference manager dan manual entry, yang merupakan metode-metode unggah makalah ilmiah. Pilih saja “REFERENCE MANAGER,”
 10.    Selanjutnya, pilih file yang berekstensi .bib yang sudah didownload tadi. Ingat, anda harus hafal atau tahu dimana file tadi disimpan difolder mana.

11.    Tunggu, setelah selesai dalam mengunggah klik GO TO YOUR PUBLICATION

12.    Judul artikel telah ditambahkan di akun researchgate kita Bila kita lihat secara seksama, full text belum tersedia disana. Langkah selanjutnya adalah unggah full text (perlu dicatat bahwa kita sudah mempunyai dokumen full text yang tentu saja bisa didapat dengan download pada jurnal/prosiding ybs).

13.    Pilih ADD FULL TEXT

14.    Pilih select file

15.    Pilih UPLOAD

16.    Dan taraaa……… file makalah ilmiah telah berhasil ditambahkan ke akun researchgate kita

Sekian
Wassalamualaikum, wr. wb. 

 Baca juga
Membuat Poster untuk Simposium

1 komentar: