Cerita KIPNAS XI (8-9 Oktober 2015)

Konferensi Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) XI merupakan kegiatan ini dilakukan setiap 4 tahun sekali yang diorganisir oleh RISTEK-DIKTI dan LIPI.  Dilaksanakan pertama kali pada tahun 1958. Merupakan forum pertemuan para ilmuwan Indonesia untuk mendiskusikan khasanah kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia. Hanya peserta yang diundang yang boleh mengikuti seluruh kegiatan KIPNAS XI (http://kipnas.lipi.go.id/peserta). lebih dari 600 peserta hadir dari 57 perguruan tinggi dan puluhan industri. Dengan tema “Signifikansi dan Kontribusi Ilmu Pengetahuan bagi Indonesia Sejahtera”, KIPNAS diharapkan dapat memecahkan isu-isu strategis abad 21 melalui pendekatan ilmu pengetahuan yang integratif, kooperatif dan lintas disiplin.  Hadir memberikan sambutan dan arahan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. M. Nasir Ph.D. Sebagai pembicara kunci President of National Graduate Institute for Policy Studies, Jepang, Prof. Dr. Takashi Shiraishi; Prof. Dr. Atta ur Rahman dari University of Karachi, Pakistan; dan President of the World Federation for Culture Collection, Dr. Philippe Desmeth.
 
Berbekal dari 2 full paper yang tersubmit dan mendapat LoA saya diundang. Akomodasi penginapan ditanggung panitia. Meskipun tugas padat merayap saya berusaha untuk hadir karena sayang sekali bila even 4 tahunan ini dilewatkan dan akses ke jakarta dekat pula (dari bandung 3 jam-an dan terjangkau). Saat istirahat kuliah saya ke agen travel untuk membayar tiket, sebelumnya sudah booking via email. dan tiket PP telah saya dapatkan.
Sejarah KIPNAS XI dapat dilihat di (http://kipnas.lipi.go.id/tentang-kipnas)

Ceritanya seperti ini,
Sepulang kuliah embedded (hari kamis, 7 Oktober) jam 17.30 WIB saya menunaikan sholat maghrib bersama teman-teman sekelas di Labtek VIII... tancap gas menuju kost dan bersih diri. Sebelum ke pool daytrans di Dipatiukur saya menunaikan sholat isya terlebih dahulu. barulah jam 20.10 WIB berangkat menuju Jakarta. Pikir saya jam 23.00 WIB baru sampai pool thamrin city dan sambung pakai taksi ke hotel tempat saya menginap. Ternyata travel lewat dekat TKP sehingga saya diturunkan disitu lalu naik ojek kira-kira gak ada 10 menit.

Sampailah saya di hotel kartika chandra, saya lapor ke panitia yang sudah standby disana lalu check in. Menurut informasi ada beberapa yang tidak hadir. Dan pas menginap disana sehingga saya sekamar sendirian. Saya membawa beberapa buku kuliah yang saya pelajari di tempat penginapan.
Istirahat sangat nyaman karena terasa capek dalam berjalanan.

Seusai sholat shubuh, bersih diri dan jam 07.00 WIB sarapan, mengikuti coffe morning lalu ke Graha LIPI bersama bapak-bapak undangan yang menginap di hotel kartika pula.
Selain KIPNAS XI juga diselenggarakan Indonesia Sains Expo (ISE), stand tersebut merupakan hasil karya cipta dari  Perguruan Tinggi, Kementerian Terkait, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Organisasi Profesi Ilmiah, Swasta dan industri. Kampus saya waktu S1 dulu juga hadir memeriahkan (diwakili FMIPA UM), saya bertemu dengan WD II FMIPA, Pak Abdullah Fuad dan satu lagi lupa.





Ternyata memang benar, banyak sekali peneliti-peneliti dan tokoh-tokoh di Indonesia yang hadir dalam kegiatan itu. Saya pernah berjumpa di televisi maupun beliau waktu jadi pembicara di seminar-seminar. tapi saya tidak dapat mengabadikan foto bersama beliau-beliau karena sungkan :D .

Acara dimulai pukul 08.00 lebih, dengan materi dari prof attaur rahman dari pakistan. Baru jam 10.00 WIB kegiatan Konferensi Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) XI dibuka secara resmi oleh ibu Puan Maharani.  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Isi sambutan dapat dibaca di http://u.lipi.go.id/1444359506

Acara dilanjutkan dengan materi namun saya memilih keluar untuk ikut kunjungan stand pameran bersama para menteri (Puan Maharani dan Moh. Natsir) yang hadir waktu itu.
 
Acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh keynote speaker dari kementerian terkait. Foto-foto yang saya tampilkan disini saya ambil dari web nya LIPI. Sehingga tidak menghilangkan watermarknya.
Professor Attaur Rahman & Professor Sirahishi



Dilanjutkan session parallel. disini terdiri atas 4 kelas yakni
1. Ilmu Pengetahuan Alam dan Maritim (IPA dan Maritim)
2. Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT)
3. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK)
4. Ilmu Kedokteran dan Kesehatan (IKK).


Saya masuk di Komisi IPT.  Materi-materi tersebut dapat diunduh di http://kipnas.lipi.go.id/download

Mendekati akhir acara, diumumkan poster terbaik, dan 1 diantara 2 makalah saya tersebut yang menjadi pemenangnya. Namun sayang, piagam penghargaan tidak dapat saya pakai karena institusi saya masih institusi waktu S1, bukan yang sekarang.
Setelah melakukan sidang sejak tanggal 8 hingga 9 Oktober 2015, KIPNAS XI menghasilkan Dekrit KIPNAS XI Tahun 2015 yang dibacakan oleh Prof. Eko Prasodjo, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI mewakili Tim Ilmiah KIPNAS.Isi dekrit tersebut adalah:
1. Pengembangan ilmu pengetahuan,
2. Kolaborasi keilmuan,
3.Paradigma kemajuan ilmu pengetahuan untuk perubahan mindset,
4. Masyarakat yang berilmu pengetahuan,
5. Pembangunan teknologi bersumber ilmu pengetahuan,
6.Kebijakan dan keberpihakan untuk memajukan ilmu pengetahuan


Bandung, 13 Oktober 2015



0 komentar:

Posting Komentar